Home Dunia Islam BERBUAT BAIK DENGAN BISMILLAH

BERBUAT BAIK DENGAN BISMILLAH

59
0
SHARE
BERBUAT BAIK DENGAN BISMILLAH

Opini,24/10/2022 - Bismillah adalah versi pendek dari kata بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ (Bismillahirrahmannirrahiim) yang berarti ‘Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang’ dalam bahasa Arab. Lafal bismillah ini diucapkan guna sebagai bentuk ‘doa’ yang selalu diamalkan saat mengawali sebuah perbuatan yang baik.

Bismillah juga kalimat yang sering diamalkan sebagai dzikir yang memiliki manfaat luar biasa dalam kehidupan sehari-hari bagi seluruh umat muslim. Kata bismillah juga sering menjadi awalan awal tiap surat di dalam Alquran. Ini juga terdapat dalam setiap penulisan kitab hukum-hukum islam dan maupun buku pengetahuan lain. Salah satu niat baik saat mengawali aktivitas dengan bismillah adalah agar bisa lebih khusyuk dalam menjalankan segala hal yang akan dilakukan seharian.

Di dalam Alquran, kata ini terdapat sebanyak 114 kali di setiap awalan surat. Hanya ada satu surat yang tidak diawali kalimat bismillah yaitu Surat At-Taubah. Hal ini karena Surat At-Taubah merupakan surat yang diawali dengan seruan perang, sedangkan kalimat bismillah mengandung makna kasih sayang sehingga tidak mungkin sebuah peperangan dilandasi dengan rasa kasih sayang.

Ada satu kata bismillah yang terdapat pada surat An-Naml ayat 30, ehingga jumlahnya dalam Alquran genap menjadi 114 seperti jumlah seluruh surat di dalamnya. Setelah mengetahui arti bismillah, para ulama tafsir memberikan penjelasan terkait dengan makna bismillah yang membaginya dalam empat hal, yakni:

Kata ‘bi’ mengandung maksud ‘kekuasaan dan pertolongan’. Dengan demikian, orang yang mengucap bismillah akan paham bahwa segala sesuatu yang akan diperbuat adalah atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah SWT. Bismillah erat kaitannya dengan kalimat tauhid ‘la ilaha illa Allah’, sehingga kalimat ini menegaskan bahwa Allah SWT adalah sebab utama segala tindakan.Kalimat ini yang diucapkan seorang muslim adalah bentuk ungkapan pengagungan Allah SWT sebagai penguasa alam semesta.Kalimat ini di dalamnya mengandung kata yang merupakan sifat Allah yaitu ar-rahman dan ar-rahim memberikan penegasan bahwa Allah SWT adalah maha yang memberikan curahan rahmatnya di dunia dan di akhirat.

STAY CONNECTED

Facebook Like
Followers Follow
Instagram Follow
Youtube Subscribe

BERITA PILIHAN

OPINI

Jangan Mudah Bergantung Pada Orang Lain

Seperti kata-kata bijak Islam tentang kehidupan di atas, manusia lahir seorang diri dan akan menghadap Ilahi sendirian pula....
YAKIN_KPD_ALLAH.jpg

JANGAN BANGGA DENGAN DOSA