Home Dunia Islam JANGAN MENYERAH DENGAN UJIAN HIDUP

JANGAN MENYERAH DENGAN UJIAN HIDUP

39
0
SHARE
JANGAN MENYERAH DENGAN UJIAN HIDUP

Opini,30/10/2022 - Jangan putus asa dan jangan menyerah terhadap rahmat dan ampunan Allah SWT. Segerelah bertobat ketika sudah melampaui batas dalam kemaksiatan karena Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dalam surat Az-Zumar ayat 53, Allah SWT mengingatkan hamba-Nya agar jangan berputus asa dalam mencari ampunan-Nya:

"Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah yang Mahapengampun lagi Mahapenyayang."

KH DR M. Tata Taufik dalam bukunya "Tafsir Inspiratif ayat-ayat Alquran Pilihan Pengguggah Jiwa", menuliskan, ayat ini menurut Ibnu Katsir merupakan seruan kepada seluruh pelaku maksiat dari orang kafir dan lainnya untuk bertaubat dan kembali kepada kebenaran. Ayat ini juga merupakan berita bahwa Allah SWT mengampuni semua dosa bagi mereka yang bertobat dan kembali ke jalan yang benar.

  1. dosa tersebut begitu banyak bagai buih di lautan. Ayat ini harus dipahami sebagai usaha bertobat dan tidak bisa dipahami dalam konteks selain tobat. Sebab, kemusrikan hanya bisa diampuni kecuali bagi yang melakukan tobat," katanya.

Diriwayatkan Imam Bukhari dari Ibnu Abbas bahwa orang-orang musyrik dahulu mereka telah membunuh dan terbiasa membunuh dan telah berzina dan biasa berzina, kemudian mereka mendatangi Rasulullah dan berkata, "Apa yang engkau seru dan engkau katakan itu adalah kebaikan. Apakah engkau bisa memberitahu kami bahwa ada kifarat bagi dong dosa yang telah kamu lakukan?" Atas pertanyaan itu, maka turunlah surat Al-Furqan ayat 68:

"Dan orang-orang yang tidak menyeru tuhan selain Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah kecuali karena alasan yang benar dan tidak melakukan zina." Lalu turunlah ayat 53 surat az-Zumar di atas.

Anas Ibn Malik berkata: "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya, seandainya kalian bersalah sampai kesalahan memenuhi antara langit dan bumi, kemudian kali mohon ampun kepada Allah pasti Allah akan mengampuni kamu sekalian.Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya, jika sendainya kalian tidak melaksanakan segala kesalahan sama sekali (dosa) maka Allah akan menciptakan suatu kaum yang melakukan kesalahan lalu mereka memohon ampun kepada Allah dan Allah mengampuni mereka.” (HR Ahmad)."Barangsiapa melakukan kejelekan dosa atau menzalimi dirinya sendiri kemudian memohon ampun kepada Allah kemudian akan mendapati bahwa Allah Mahapengampun lagi Maha Penyayang."

STAY CONNECTED

Facebook Like
Followers Follow
Instagram Follow
Youtube Subscribe