Home Dunia Islam Jangan Mudah Bergantung Pada Orang Lain

Jangan Mudah Bergantung Pada Orang Lain

10,064
0
SHARE
Jangan Mudah Bergantung Pada Orang Lain

Seperti kata-kata bijak Islam tentang kehidupan di atas, manusia lahir seorang diri dan akan menghadap Ilahi sendirian pula. Karena itu, sebaiknya memang kita harus hidup mandiri. Selain agar tidak merepotkan orang lain, kita jadi bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Dengan mendayagunakan kekuatan pribadi, Insya Allah akan lebih mudah untuk bertahan dalam segala kondisi. Dan pastinya, kualitas diri pun akan jadi lebih tinggi dari sebelumnya.

            Kita berusaha semaksimal mungkin mengurangi ketergantungan dan butuh kepada makhluk/manusia, berusaha melakukannya dengan usaha sendiri. Kemudian hati sangat bergantung kepada Allah, selalu berdoa di manapun dan kapanpun, ketika ia berusaha dengan tangannya sendiri karena Allah Maha Kaya dan kita sangat butuh Allah.

Allah SWT berfirman : “Hai manusia, kamulah yang sangat butuh kepada Allah dan Alah Dialah yang Maha Kaya (tidak  memerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji” (Q.S Fathir: 15).

Jadi sebisa mungkin kita berusaha dengan tangan sendiri, bekerja dan berupaya dan mengurangi ketergantungan kepada mahkluk. Dengan mengurangi ketergantungan ini dan mengurangi “sering minta tolong” maka kedudukannya akan menjadi mulia di masyarakat dan hati lebih tenang.

Mungkin setiap Muslim akrab dan hafal dengan ayat kedua dari Surah Al-Ikhlas ini, Allahu Al-Shomad yang artinya, Allah adalah Rabb yang bergantung kepada-Nya segala urusan. Mengenai penjelasan dari ayat tersebut Ibn Katsir menukil pendapat Ibn Abbas, “Yakni Rabb yang bergantung kepada-Nya semua makhluk dalam memenuhi segala kebutuhan dan permintaan mereka”.

Dengan demikian, tidak patut seorang Muslim berharap selain kepada Allah. Karena jika itu terjadi, maka sungguh ia telah melupakan ayat Allah dan lebih jauh dari itu, ia telah membawa hidupnya sendiri pada kehinaan dan kesengsaraan.

STAY CONNECTED

Facebook Like
Followers Follow
Instagram Follow
Youtube Subscribe