Home Dunia Islam WANITA SHOLIHAH DAMBAAN LAKI-LAKI SHOLEH

WANITA SHOLIHAH DAMBAAN LAKI-LAKI SHOLEH

42
0
SHARE
WANITA SHOLIHAH DAMBAAN LAKI-LAKI SHOLEH

Opini,24/10/2022 - Dalam hadist tersebut Rasulullah menyatakan bahwa sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalehah. Siapapun pria tentunya menginginkan seorang wanita shalehah yang bisa mendampingi hidupnya dan menjadi pasangan hingga akhir hayatnya. Rasulullah tidak tanggung-tanggung mengatakan bahwa wanita shalehah adalah sebagai perhiasan. Tentunya, perhiasan adalah benda yang sangat mahal, terhormat, layak untuk dibanggakan, dan juga tentunya sangat berharga.

Bahkan, dalam riwayat yang lain Rasulullah mengatakan bahwa wanita shalehah tentunya mengalahkan para bidadari-bidadari yang ada di syurga. Wanita shalehah adalah kaum wanita yang mampu menjaga kehormatan serta ketundukkannya kepada Allah SWT, sedangkan bidadari surga seindah apapun mereka, tetap ketundukkannya karena memang diciptakan tanpa hawa nafsu.

Lantas, seperti apakah wanita shalehah tersebut? Tentunya kaum wanita perlu mengetahui agar kelak menjadi seorang wanita shalehah yang diidamkan oleh Pria yang shalehah pula. Pria pun menjadi mengetahui wanita shalehah yang merupakan kriteria calon istri menurut islam yang patut untuk dicari dan dijadikan sebagai pendamping hidupnya.

Pengertian Shaleh Shalehah

Shalehah adalah istilah shalih bagi wanita. Shalehah berasal dari kata shalahan yang artinya baik, tidak berbuat kerusakan. Dalam sehari-hari kita bisa memaknai bahwa shaleh adalah istilah bagi orang yang memiliki akhlak baik, selalu berpegang dan taat pada nilai-nilai agama, serta menjaga amanah kemanusiaan yang telah diberikan Allah padanya.

Dalam QS Al-Ankabut : 9, Allah SWT berfirman ,

“Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh benar-benar akan Kami masukkan mereka ke dalam (golongan) orang-orang shalih”

Dalam Surat Al-Ankabut tersebut kita bisa memahami bahwa istilah shaleh Allah gunakan bagi orang-orang yang melaksanakan amalan baik serta dalam ketaatan kepada Allah SWT, sehingga Allah berikan balasan surga kepada mereka. Shaleh dalam hal ini berarti adalah orang yang selalu menjalankan, mengamalkan apa yang Allah perintahkan kepada mereka. Untuk itu, wajar jika akhlak dan perangainya baik.

Allah pun menjelaskan dalam firman-Nya di QS : Ali Imran : 113-114,

“Mereka itu tidak sama; di antara Ahli Kitab itu ada golongan yang berlaku lurus, mereka membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud shalat malam. Mereka beriman kepada Allah dan hari penghabisan, mereka menyuruh kepada kebaikan, dan mencegah dari yang mungkar, dan bersegera kepada mengerjakan pelbagai kebajikan; mereka itulah termasuk orang yang shalih”

Dari ayat tersebut orang-orang yang shalih adalah mereka yang :

  1. Senantiasa Beriman kepada Allah dan hari akhir
  2. Menyuruh pada berbuat kebaikan dan mencegah kemungkaran
  3. Mengerjakan kebaikan dan amalan-amalan agama

Untuk itu makna keshalehah sendiri secara universal dapat dipahami adalah mereka yang benar-benar tunduk taat kepada Allah, melaksanakan tanggung jawab kemuslimannya, serta beramal baik untuk akhirat kapan dan dimanapun ia berada. Untuk itu, perlu juga diketahui secara khusus bagaimana amalan-amalan dan karakteristinya wanita-wanita yang shalehah atau ciri-ciri istri shalehah menurut islam agar kita bisa menjadikannya sebagai motivasi dalam amalan di keseharian.

Karakteristik Wanita Idaman Pria Shaleh

Dalam sebuah hadist, Rasulullah pernah mengatakan bahwa,

Perempuan itu dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, keturunannya, kecantikannya, dan karena agamanya, maka sebaik-baik perempuan adalah perempuan yang dinikahi karena agamanya” (Muttafaqun ‘Alaihi)

Seorang pria melihat wanita bisa dari berbagai aspek, tentunya dari hal-hal yang telah Rasulullah sampaikan di atas. Hal-hal tersebut tentunya adalah hal-hal yang diinginkan pria terhadap wanita. Tentunya, keinginan seorang pria muslim terhadap wanita, didasari pula oleh aturan/syariah agama.

Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah buat wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik (pula)

Seorang pria yang shaleh tentunya mengidamkan wanita yang shalehah. Pria yang shaleh tentunya meniginginkan wanita yang dia cintai adalah sesuai dengan karakteristik agama. Hal ini disebabkan karena pria yang shaleh akan berusaha taat pada agama dan menjalankan perintah sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh Allah SWT.

STAY CONNECTED

Facebook Like
Followers Follow
Instagram Follow
Youtube Subscribe